Beranda > sekolah menengah atas, sekolah menengah pertama > Notasi Ilmiah (Bentuk Baku)

Notasi Ilmiah (Bentuk Baku)

 

Notasi Ilmiah atau bentuk baku ini digunakan untuk menuliskan bilangan yang sangat besar. atau bilangan yang sangat dekat dengan nol. Tepatnya yaitu diantara 0 dan 1 atau diantara 0 dan –1. Tujuannya yaitu agar penulisan angka tersebut lebih ringkas. Bagaimana kita mau menuliskan angka yang sangat panjang. misalnya 1230000000000 dan 0.0000000827.

Penulisan notasi ilmiah atau bentuk baku ini dilambangkan dengan a x 10n. dengan a lebih besar atau sama dengan 1 dan kurang dari 10.  Dan n adalah bilangan bulat. Semua bilangan real bisa dituliskan dalam bentuk baku. Misalnya saja angka 2. Jika kita tuliskan ke dalam bentuk baku menjadi 2 x 100. Karena 100 = 1, maka 2 x 1 = 2.

 

Beberapa konsep yang perlu diperhatikan dalam menuliskan bentuk baku ini adalah

 

Jika bilangan tersebut sangat besar, maka yang harus kita lakukan adalah menghitung jumlah digit pada bilangan yang sangat besar tersebut, kemudian kita kurangi 1 dan hasilnya kita tuliskan sebagai n. dan bilangan a diperoleh dari bilangan yang sangat besar tersebut kita ambil digit depannya dan kita beri koma disamping digit terdepan. Misalnya menuliskan bilangan 14240000000000000000 dalam bentuk baku.

 

Kita hitung jumlah digit yang ada pada bilangan tersebut. kita dapatkan ada 20 digit. Sehingga kita tuliskan n = 19. Dan a adalah angka depannya yang diberi tanda koma. Yaitu 1,424. Sehingga, bentuk bakunya kita dapatkan

 

14240000000000000000 = 1,424 x 1019.

 

Contoh yang lainnya :

 

87120000000 = 8,712 x 1010.

90000000000000000 = 9 x 1016.

453000000000000 = 4,53 x 1014.

536500000000000 = 5,365 x 1014.

10230000000000 = 1,023 x 1013.

 

Jika bilangan tersebut sangat kecil (diantara 0 dan 1 atau diantara -1 dan 0), maka yang harus kita lakukan adalah menggeser tanda koma ke kanan sampai pada bilangan bukan nol yang terdekat. Banyaknya pergeseran adalah sama dengan n dikalikan dengan negative 1. Langsung saja perhatikan contoh berikut ini :

 

0,0000025 = a x 10n

 

Pertama, kita geser tanda koma tersebut kea rah kanan sampai bertemu dengan angka tak nol yang terdekat.

 

0,0000025   (angka semula)

00,000025   (pergeseran pertama)

000,00025   (pergeseran kedua)

0000,0025   (pergeseran ketiga)

00000,025   (pergeseran keempat)

000000,25   (pergeseran kelima)

0000002,5   (pergeseran keenam)

 

Sehingga didapatkan n = -6. Dan a = 2,5. Dalam bentuk baku dapat dituliskan 2,5 x 10-6.

 

Contoh yang lain :

 

0,0301 = 3,01 x 10-2

0,000000102 = 1,02 x 10-7

0,009279 = 9,279x 10-3

0,0000000000012 = 1,2 x 10-12

 

Notasi pangkat ini biasanya digunakan untuk mengukur jarak-jarak pada ruang angkasa yang jaraknya sangat jauh. Atau juga digunakan dalam sebuah ukuran mikroba yang sangat kecil.

 

Tulisan Terbaru :

About these ads
  1. Evi Tania
    20 Agustus 2014 pukul 6:52 PM

    kalo 3 pangkat min 2 X 3 pangkat min 3 brapa hsilnya ?????

  2. johansen
    21 Juli 2014 pukul 5:32 PM

    kk mau nanya kalo bentuk baku dari :
    a. 0,0003 pangkat 3
    b. 5^-3
    itu gimana ya tolong donk, mksh

    • 23 Agustus 2014 pukul 11:06 AM

      a.0,0003 ^ 3 = [3.10^(-4)]^3 kan hasilnya 27.10^-12 ini ga boleh jadi bentuk Baku nya 2,7.10^-13

  3. karsono achmadi
    3 Mei 2014 pukul 11:36 AM

    matur nuwun, sampun kersa ngelingaken

  4. Linda
    3 November 2013 pukul 8:00 PM

    Smga saja saya bisa lbih mngerti
    Dan nilai sya smkin bgus
    Amien

  5. 4 September 2013 pukul 3:29 PM

    tulislah bentuk baku dari
    a. 283.000.000
    b. 0,000001

  6. bella swan
    23 Agustus 2013 pukul 8:31 PM

    kalo 0,006300 kg notasi ilmiahnya gmn?

    • 24 Agustus 2013 pukul 1:57 AM

      6,3 x 10^-3

  7. 22 Agustus 2013 pukul 5:11 AM

    Agak rumit , tp insyaallah bisa..

  8. Arjun
    15 Agustus 2013 pukul 6:40 PM

    maw tanya kalo misalnya 5160000000000,2007000.. gimana ?

  9. 9 Agustus 2013 pukul 3:32 PM

    mw tanya mas klu blngan 2040 m pngkt 3 jdiin notasi ilmiah gmna caraY???

  10. anggita
    4 Agustus 2013 pukul 6:37 AM

    thank’s infonya tapi saya mau tanya gimana ya bentuk baku 5^ -4?? makasi

  11. Alpha Vorchevsky
    24 April 2013 pukul 6:40 PM

    Makasih banget ilmunya hehehe

  12. nia
    28 Januari 2013 pukul 7:20 PM

    bukannya bilangan yang lebih dari 5 ditambah satu atau dihilangkan ? :/

  13. 6 Oktober 2012 pukul 9:37 AM

    Berarti jika bilangan dianta 0 – 1 , 0 – -1 itu blangan yang akan dibuat mnjadi bilangan baku nya ya? bukan hasil yang harus menjadi bilangan baku 0 – 1, 0 – -1 …

  14. 5 Oktober 2012 pukul 6:52 AM

    kaaa, klo notasi ilmiah itu bilangan awalnya harus 0, ??
    klo 35000 kn notasi ilmiahnya 3,5 x 10 Pangkat 4,
    tp aku dskolah diajarinnya slalu 0, terus,,,

    jadi bagaimana?? Tolong Jelasin ya kka… :)

    • 5 Oktober 2012 pukul 10:23 AM

      kan sudah dikatakan bahwa notasi ilmiah itu bentuknya a \times 10^n dengan a lebih dari atau sama dengan 1, dan a kurang dari 10.. . Coba lihat di buku kamu ya..

    • 6 Oktober 2012 pukul 9:04 AM

      berartii jika menjadi 0, itu tidak benar ya ka?

      karna 0 kurang dari satu , …

  15. 4 Oktober 2012 pukul 8:35 PM

    kalo misalnya 0,000076 kan jadi 7,6 x 10 pangkat -5
    tpi klo aku disekolah diajarinnya ko jd 7,6 : 10pangkat 5

    apakah sma saja??
    balas ya ka,, dan jelaskan.. :)) makasih

    • 5 Oktober 2012 pukul 10:38 AM

      sebenarnya nilai itu sama saja.. ingat bahwa $lates a^{-n} = \frac{1}{a^n}$
      tetapi kalau pendapat saya, aturan penulisan bentuk baku itu a \times 10^n, jadi kalau bisa jangan dijadikan pecahan.. .

  16. 4 Oktober 2012 pukul 8:08 PM

    aku disekolah baru blajar bilangan baku ini,,
    mau nanya nih kalo misal nya 0,000067 = 6,7 x 10min5
    tpi klo aku dskolah jadinya 6,7 : 10pngkat 5

    jdii gmana? apakah sm saja?
    maksihhh ;;)

  17. puutdriiey
    30 September 2012 pukul 8:15 PM

    makasi , aku suda menemukan jwb n nyaa :-)

  18. 19 September 2012 pukul 4:28 PM

    makasih kak ! aku jadi bisa nyelesain pr

  19. Ery tirtalaras
    13 September 2012 pukul 8:05 PM

    175 x 10 pngkat 4 x 10 pangkat -7 =

  20. della
    10 September 2012 pukul 10:19 PM

    12 / 2460 pke cara ???

    • 11 September 2012 pukul 11:47 PM

      12/2460 = 6/1230 = 3/615 = 1/205

      1/205, pakai pembagian aja

      1000/205 = 4 sisa 180
      1800/205 = 8 sisa …

      hasilnya 0,0048…

      bentuk bakunya 4,8 \times 10^{-3}

  21. 9 September 2012 pukul 7:00 PM

    makasi ….. aku telah menemukan jawabannya ……!!!!!!!

    • 9 September 2012 pukul 7:02 PM

      sama_sama

  22. Yugoo...
    7 September 2012 pukul 4:33 PM

    klo soalnya 36,37g=……kg berapa halisnya (pake cara)

  23. bella
    7 September 2012 pukul 9:00 AM

    aku punya pr gak tw cra’a kasih tw dong ka ,nie soal’a 9/1.600 : 3/80.000=

Comment pages
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 217 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: