Beranda > geometri > Membuat sudut 60 derajat (dengan menggunakan jangka)

Membuat sudut 60 derajat (dengan menggunakan jangka)

 

Bagaimana cara membuat sudut yang besarnya 60^{\circ} hanya dengan menggunakan penggaris lurus dan sebuah jangka? (tanpa menggunakan penggaris busur derajat).

 

 

Perhatikan gambar tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai beikut :

 

-buat sebarang garis lurus. (pada gambar adalah garis yang mendatar)

-beri nama titik A di ujung garis yang telah dibuat.

-kemudian buat busur dengan titik A sebagai pusatnya.

-busur akan memotong garis yang kita buat di awal. Kita beri nama titik B.

-jangan merubah besarnya sudut pada busur.

-kemudian buat busur dengan titik B sebagai pusat.

-kedua busur tersebut berpotongan. Beri nama titik C pada perpotongan dua busur tersebut.

-tarik garis dari A ke C. Pada gambar yaitu garis m.

-jadilah sudut yang besarnya 60^{\circ}

 

Cara menggambar sudut yang besarnya 60^{\circ} dengan menggunakan jangka ini adalah cara yang sangat tepat untuk ukuran. Dibandingkan dengan menggunakan sebuah penggaris busur derajat.

 

Untuk cara membagi dua sudut menjadi sama besar dengan menggunakan jangka, cara membagi garis menjadi dua sama panjang, cara membagi garis menjadi tiga, empat, lima, dst … sama panjang, cara membagi ruas garis menjadi n bagian yang sama panjang, ada di postingan yang lainnya…

About these ads
Kategori:geometri
  1. nur smpn7 cirebon
    13 April 2013 pukul 5:09 PM

    bagaimana cara melukis sudut 120 derajat

  2. valentina ifa kazakato
    24 Februari 2013 pukul 5:59 PM

    gimana cara melukis sudut 75 tanpa busur?? pr nih….plisss gk ngerti……jelasin ya makasih

  3. neosack2000
    20 Februari 2013 pukul 4:49 PM

    kalau 75o dan 150 derajat??

  4. octaviia
    17 September 2012 pukul 4:12 PM

    kakak…. buatin sudut 72 derajat dund kak…..

    • 17 September 2012 pukul 10:37 PM

      gimana ya.. gak janji ya.. soalnya jarang posting nih.. . idenya sih 360 dibagi 5 sudut.. .

  5. 27 Maret 2012 pukul 7:02 PM

    kok aku masih bingung ya??????
    biasanya sih kalau ada gambarnya aku ngerti.Lebih baik di beri gambar biar jelas

  6. rashif
    21 Maret 2012 pukul 9:46 PM

    nice info

  7. puput
    13 Februari 2012 pukul 7:45 PM

    tapi yah… its ok lah

  8. puput
    13 Februari 2012 pukul 7:44 PM

    tapi aku juga masih belum mudeng :D

  9. 6 Februari 2012 pukul 6:38 PM

    terimakasih ya, bantu buat mengerjakan pr :D

    • puput
      13 Februari 2012 pukul 7:48 PM

      kalo aku tugas..
      hehe

  10. Faishal
    8 Februari 2011 pukul 9:21 PM

    bagus sekali blognya?makasih?

    • 9 Februari 2011 pukul 9:31 PM

      Terimakasih mas sudah berkunjung… jangan bosan2 ya… hehehe… salam

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 217 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: