Beranda > ilmuwan > Huygens

Huygens

 

Huygens

 

 

Lahir : Hague, 1629

Meninggal : 1695

 

Belajar di Leiden pada Frans van Schooten de Younger.pada tahun 1651 yaitu pada usia 22 tahun ia menerbitkan makalah yang menunjukkan kesalahan Saint-Vincent dalam perhitungan kuadratur lingkaran. Tulisan itu diikuti dengan karya-karyanya mengenai kudratur irisan kerucut, perbaikan trigonometri dari Snell dalam metode perhitungan.

 

Pada tahun 1654, Huygens dan saudaranya menemukan cara baru unutk mengasah dan mengkilapkan lensa. Dengan adanya lensa itu ia mampu menjawab sejumlah pertanyaan dalam pengamatan astronomi, seperti sifat-sifat saturnus. Karya astronominya membimbing ia kepada penemuan jam bandul sehingga ia mampu mengukur waktu lebih tepat.

 

Pada tahun 1657, Huygens menulis risalat pertama tentang peluang berdasarkan surat menyurat Pascal-Fermat. Risalat itulah yang paling baik hingga saat itu mengenai peluang. Pada taun 1713, Jacob Bernoulli menulis karya dengan judul

 

“ARS CONJECTANDI”

 

berisi cetak ulang dari risalat Huygens.

 

Banyak soal-soal menarik dan sukar yang diselesaikan Huygens. Dan memperkenalkan pengertian dan konsep penting tentang harapan matematika.

 

Hal-hal penting lain yang diperkenalkannya yaitu, jika p adalah peluang seseorang memenangkan suatu jumlah a, dan q adalah peluang seseorang memenangkan jumlah b, maka dapat diharapkan ia memenangkan jumlah ap + bq.

 

Pada tahun 1665, Huygens pindah ke paris untuk mempergunakan pension yang diberika Louis XIV. Semasa berada di Paris ia berhubungan dengan Royal Society London dengan mengirim makalah mengenai eksperimen bahwa momentum dari dua benda pada arah yang ditentuka adalah sama sebelum dan sesudah tumbukan.

Pada tahun 1675 ia menerbitkan di Paris karya besarnya dengan judul

 

“HOROLOGIUM OSCILATORIUM”

 

Karya itu terdiri dari lima bagian. Bagian pertama mengenai jam bandul yang ditemukannya pada tahun 1656. Bagian kedua membicarakan benda jatuh bebas dalam ruang kosong, tentang benda yang menggelinding pada bidang miring, atau yang menggelinding pada kurva licin.

Dalam bagian dua itu diuraikan sifat isochron dari busur cycloid yang terbalik, bahwa partikel berat akan mencapai dasar dari busur cycloid terbalik dalam panjang dan waktu yang sama dari titik manapun partikel mulai turun. Pada bagian ketiga ia menguraikan tentang sifat-sifat dari evolut dan involut.

Huygens menemukan evolut dari parabola adalah semi parabola derajat tiga, sedang evolut dari cycloid adalah cycloid dengan ukuran yang sama.

 

Pada bagian empat diuraikan sifat dari bandulan majemuk dengan bukti bahwa sifat oskilasi dan titik gantung dapat dipertukarkan. Pada bagian lima diuraikan mengenai teori dari jam. Dalam bagian itu didapatan gambar dari sebuah bandul cycloid dengan periode oskilasi selalu sama bagaimanapun besar atau kecilnya amplitude dari askelasi itu.

Bagian terakhir dari 13 teorinya yang berkenaan dengan gaya sentrifugal dalam gerak melingkar yang sekarang lebih dikenal dengan gerak melingkar uniform. Bahwa besar gaya sentrifugal berbanding lurus dengan pangkat dua dengan kecepatan linear dan berbanding terbalik dengan jari-jari lingkaran.

Pada tahun 1675, dibuatlah jam pertama yang diatur dengan per yang seimbang. Dan jam itu dihadiahkan kepada Louis XIV.

 

Pada tahun 1681 Huygens kembali ke negeri Belanda, ia membuat lensa yang amat besar. dan ia menemukan lensa akhromatis untuk teleskop.

 

Pada tahun 1689 ia berkunjung ke Inggris dan berkenalan dengan Newton. Setelah kembali ke negeri Belanda.

 

Pada tahun 1690 ia menerbitkan suatu risalat yang menguraikan teori gelombang dari cahaya.dari teori gelombang cahaya itu ia menurunkan secara geometri hokum refleksi dan refraksi cahaya dan menjelaskan fenomena refleksi rangkap dari cahaya.

Newton pun mendukung teori emissi dari cahaya. Teori gelombang cahaya itulah yang paling memperkenalkan nama Huygens dank arena itu pula ia disejajarkan dengan ilmuwan-ilmuwan jenius yang lainnya.

Risalat-risalat lain yang ditulis oleh Huygens dari hasil penyelidikannya untuk perbaikan cisoida dari Diocles, penyelidikan geometri analitik dari catenary, kurva logaritma, bentuk modern dari polinom, penyelidikan aturan maksimum dan minimum dari fermat dan risalat matematika fisika. Bukti-bukti yang diberikan Huygens disusun secara cermat dan ketat secara sempurna.

Kategori:ilmuwan
  1. Belum ada komentar.
  1. 30 November 2010 pukul 12:31 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: