Beranda > tips math > Belajar matematika itu susah apa mudah?

Belajar matematika itu susah apa mudah?

Tidak sedikit orang menganggap bahwa matematika itu sulit. Matematika adalah ilmu pasti, sehingga ada semacam ketetapan di situ. Tidak seperti pelajaran lain yang mungkin sekarang dengan besok itu tidak sama.

Misalkan, berapa tahunkah presiden dapat bertahan? jawaban ini berbeda ketika dijawab sekarang dan ketika dijawab empat puluh tahun yang lalu. Tidak seperti matematika yang jawaban hari ini dengan jawaban besok adalah sama. Karena itu matematika itu tidak susah.

Karena tidak ada perubahan dari tahun ke tahun. Mudahnya lagi yaitu banyaknya langkah-langkah yang digunakan. “banyak jalan menuju Roma”, banyak jalan menyelesaikan matematika.

Mengapa banyak orang yang menganggap matematika itu sulit?

Saya dulu juga termasuk golongan yang menganggap matematika itu sulit. Tetapi setelah saya pikir-pikir, matematika itu bukan sulit. Matematika itu unik. Otak kita akan dibuat bekerja lebih keras olehnya. Otak kita akan semakin terasah. Sehingga nantinya dalam pemecahan masalah juga akan cepat terselesaikan. 💡

Orang yang menganggap matematika itu sulit kalau menurut saya karena mereka takut atau malas menghadapi tantangan. Ada soal yang sedikit dimodifikasi saja mereka sudah malas.

Sudah tidak mau mengerjakannya (mungkin mau mengerjakan jika itu menunjang dan berhubungan dengan nilai akhir dan kelulusan). Di situlah yang menyebabkan matematika itu sulit. Hadapi tantangan tersebut.

Tips untuk belajar matematika!

Bagaimana caranya belajar matematika. Mungkin sedikit dari saya, yaitu :

Hindari soal yang modelnya sama. Apabila kita mengerjakan matematika dan soal-soalnya sama. Jangan terlalu banyak, kerjakan 2 soal saja. Satu untuk pemahaman dan yang satunya yaitu evaluasi. Cari soal-soal yang modelnya berbeda bahkan kalau bisa buat soal sendiri yang berbeda.

Jangan tinggalkan soal yang belum selesai. Kebanyakan dari kita adalah menyerah sebelum peluit berakhirnya pertandingan dibunyikan. Menyerah itu adalah hal yang paling bodoh. Kita akan sampai di puncak. Tapi kenapa menyerah. Ketika kita mengerjakan matematika dan mengalami kesulitan.

Pelan-pelan, lihat soal-soal yang lebih mudah. Beri waktu otak untuk sedikit istirahat. Kalau samapai akhirnya kita tidak bisa menyelesaikannya, jangan malu untuk bertanya. Kalau tidak berani bertanya pada guru, tanya pada teman. Perhatikan baik-baik penjelasan teman. Dan akhirnya kalian bisa membuat soal sendiri semacam itu dan menyelesaikannya.

Langkah-langkah (metode) menyelesaikan soal.

Memahami soal.

Ini yang terpenting. Kita harus tahu maksud dari soal. Istilah-istilah yang ada di dalamnya dan jawaban yang diinginkan dari penanya.

Membuat atau menyajikan soal dengan selera kita.

Kita akan merasa lebih mudah dan enak jika itu adalah buatan kita sendiri. Sajikan dalam bentuk sesukamu.

Menerka dan menguji kembali. Jika kalian seorang yang suka melamun. Mungkin akan mudah di sini.

Buat rencana dan jalankan.

Dan yang terakhir, menguji / mengecheck.

Semoga bermanfaat.

Tulisan Terbaru :

Iklan
Kategori:tips math
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: