Beranda > geometri > Segitiga istimewa

Segitiga istimewa

 

Segitiga itu sendiri sudah merupakan bangun yang istimewa. Telah disebutkan bahwa segi-n yang lain pasti bisa dinyatakan dengan beberapa segitiga. Sehingga segitiga disebut sebagai bangun datar yang istimewa.

Dan di dalam bangun datar yang istimewa tersebut ternyata masih ada lagi keistimewaan yang lainnya. yang tidak lain yaitu segitiga-segitiga istimewa. Segitiga sendiri sangat bermacam-macam. Ada segitiga siku-siku, segitiga lancip, segitiga sebarang, segitiga tumpul, dan segitiga-segitiga yang lainnya.

Beberapa segitiga yang termasuk istimewa adalah segitiga siku-siku, segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki.

 

 

Segitiga siku-siku

 

yang istimewa dari segitiga ini adalah segitiga ini mempunyai satu sudut siku-siku. Yang besarnya 90^{ \circ}. Dua sisi yang membentuk sudut 90 derajat ini disebut sisi siku, dan sisi yang lain (sisi yang di depan sudut siku) adalah sisi miring. Yang paling istimewa yaitu teorema Pythagoras, teorema ini mengatakan bahwa di dalam segitiga siku-siku berlaku sisi siku kuadrat ditambah sisi siku yang lain kuadrat sama dengan sisi miring kuadrat. Teorema terkenal yang ditemukan oleh Pythagoras. Keistimewaan lain dari segitiga ini adalah mudahnya mencari luas segitiga. Karena tingginya merupakan salah satu sisinya

 

 

Segitiga sama sisi

 

yang unik dari segitiga sama sisi adalah sudut-sudutnya yaitu 60 derajat. Ketiga sudut besarnya sama. Panjang sisi di dalam segitiga ini juga sama panjang. segitiga ini juga memiliki simetri putar dan simetri lipat.

Segitiga ini mempunyai tiga sumbu simetri. Dan simetri putarnya juga mempunyai tingkat tiga.

Segitiga sama sisi disebut segitiga unik karena segitiga ini jika kita potong menjadi dua bagian dan memotongnya itu melalui titik sudut segitiga akan dihasilkan luas yang sama. Selain itu, untuk mencari luas segitiga sama sisi juga merupakan hal yang unik. Misalnya diketahui panjang sisi segitiga sama sisi adalah s,

maka tingginya dapat langsung diketahui yaitu \frac{1}{2} s \sqrt{3}.

Dan tentunya luasnya juga dapat langsung diketahui, luasnya adalah \frac{1}{4} s^2 \sqrt{3}. dengan s adalah sisi segitiga sama sisi.

 

 

Segitiga sama kaki

 

Segitiga sama kaki ini mempunyai dua sisi yang sama panjang. sisi ini disebut sebagai kaki segitiga dan sisi yang tidak sama panjang dengan yang lain disebut sebagai alas segitiga. ini mengakibatkan dua sudutnya juga sama besar. segitiga sama kaki mempunyai sumbu simetri satu. Mencari tinggi segitiga sama kaki juga merupakan hal yang menarik.

Dengan menggunakan aturan Pythagoras, dapat ditemukan tinggi segitiga sama kaki jika kita pandang sisi yang panjangnya berbeda dengan yang lain sebagai alas segitiga.

Sisi yang panjangnya sama dikuadratkan dikurangi setengah dari sisi tersebut dikuadratkan maka hasilnya adalah tinggi segitiga kuadrat. Sehingga, untuk mencari luas segitiga hanya tinggal mengalikan alas dan tinggi dan tentunya kita kalikan juga dengan setengah.

 

Kategori:geometri
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: