Beranda > bilangan > Pembulatan bilangan

Pembulatan bilangan

 

Pembulatan sendiri adalah menyajikan bentuk bilangan dalam digit yang lebih sedikit. Dengan maksud agar tidak terlalu panjang dalam menuliskan bilangannya. Pembulatan ini cukup penting untuk menghasilkan angka yang mendekati dengan angka yang dimaksudkan.

 

Dalam pembulatan di dalam matematika, ada 3 aturan yang perlu diperhatikan.

 

1. Jika angka lebih dari 5, maka pembulatan dilakukan menjadi 10. Ini artinya pada pembulatan bilangan dan yang akan kita hilangkan adalah lebih besar dari 5, maka kita harus menambahkan angka 1 pada angka sebelum angka yang hendak dihilangkan tadi.

Misalnya 24,57. Jika kita bulatkan menjadi satu angka di belakang koma, maka akan kita hilangkan angka 7. Karena angka 7 lebih besar dari 5, maka kita perlu menambahkan 1 pada angka sebelum yang dihilangkan. Yaitu angka 5. Hasil pembulatannya yaitu 24,6

 

2. Jika angka kurang dari 5, maka pembulatan langsung dihilangkan. Tanpa menambahkan satu pada angka sebelum angka yang hendak dihilangkan.

Misalnya 31,62. Jika kita bulatkan menjadi satu angka di belakang koma, maka akan kita hilangkan angka 2. Karena angka 2 lebih kecil dari 5, maka kita tidak perlu menambahkan 1 pada angka sebelum yang dihilangkan. Hasil pembulatannya yaitu 24,6

 

3. Jika angka sama dengan 5, maka yang harus digunakan adalah aturan genap terdekat.

 

“jika angka sama dengan 5, maka dibulatkan menjadi 0 jika angka yang mendahului angka 5 adalah angka genap. Dan dibulatkan menjadi 10 jika angka yang mendahului angka 5 adalah angka ganjil”

 

misalnya bilangan berikut kita bulatkan ke dalam bilangan bulat. maka 12,513 dibulatkan menjadi 12 dan 11,509 dibulatkan menjadi 12.

 

 

Aturan ini sangatlah penting untuk diingat. Karena aturan genap terdekat pada pembulatan ini akan sering kita gunakan di dalam mempelajari matematika yang selanjutnya.

 

 

Contoh :

 

Misalkan akan kita bulatkan menjadi bilangan bulat.

 

45,87 dibulatkan menjadi 46

23,74 dibulatkan menjadi 24

12,499 dibulatkan menjadi 12

32,601 dibulatkan menjadi 33

12,09 dibulatkan menjadi 12

12,513 dibulatkan menjadi 12

11,509 dibulatkan menjadi 12

 

 

 

 

 

Iklan
Kategori:bilangan
  1. fadil
    7 September 2017 pukul 8:10 PM

    kalo 56 dibulatkan menjadi

  2. 20 September 2016 pukul 11:39 AM

    122,8 di bulatkan menjadi berapa

  3. fauzy
    11 Februari 2016 pukul 10:02 AM

    mengapa angka 5 menjadi patokan pembulatan..???

  4. Novi
    5 Maret 2015 pukul 12:03 PM

    bagaimana cara membulatkan bilangan keempat angka signifikan mbak? contoh bilangan nya 38,46235 ??

  5. faish
    23 Januari 2015 pukul 6:44 PM

    kalau 20,10% ,14,86%,13,95%,3,25 % berapa jadinya ?

  6. 9 November 2014 pukul 3:28 PM

    Terima Kasih gan.

  7. 15 Agustus 2014 pukul 3:31 PM

    caranya apa si pembulatan 200.483 brp je ??????????? ~-_-~
    lo aku end
    wkwkwkkwk lo aku kuntilanak aja de wkwkwkwkwkk

  8. manda
    21 Januari 2014 pukul 7:28 PM

    kalau 3,583 di bulat kan berapa jadinya

  9. dili rio
    30 Januari 2013 pukul 11:26 AM

    gimana ya rumus pembulatan desimal 532,10 menjadi 535 & 4217,60 menjadi 4220,sedangkan angka2 tadi hasil dari rumus penjumlahan yang lain,,,
    (depan koma=5 menjadi 10),,,mohon bantuannya ya…

  10. dili rio
    30 Januari 2013 pukul 11:18 AM

    bagaimana cara pembulatan 2143menjadi 2145 & 2148 menjadi 2150???tolong ya…

  11. 10 September 2012 pukul 5:47 AM

    klo 23 itu dibulatkan k bentuk ratusan jadi berapa??

    • 11 September 2012 pukul 11:34 PM

      jadinya 0 dong..

  12. malik
    14 September 2011 pukul 7:12 PM

    kalau angka 4 dibulatkan kepuluhan jadi berapa yaaaaaaaaaaaaa!!!

    • 16 September 2011 pukul 1:14 PM

      jadi 0 ya.. kan 4 itu kurang dari 5.. .

  13. ucok
    23 Februari 2011 pukul 5:03 PM

    nanya ni gan kl mengacu aturan no.3 misal, 64,57 = ??

    • 23 Februari 2011 pukul 5:27 PM

      kalo dibulatkan ke dalam bilangan bulat, maka itu dibulatkan menjadi 64. meskipun agak aneh ya… kalo menurutq dulu, yang kayak gitu tu jadi 65. karena 64,57 kalo dibulatkan menjadi 64,6 dan kalo dibulatkan lagi hasilnya 65.. tetapi, kita ikuti saja aturan yang sudah ada… yaitu sama dengan 64 (aturan genap terdekat)

  14. Agung Rangga
    7 Januari 2011 pukul 3:39 PM

    wah, nambah ilmu lagi…

    silakan berkunjung…
    http://popnote.wordpress.com

    • 8 Januari 2011 pukul 9:39 AM

      Blog km pertumbuhannya sangat cepat ya….

  15. james
    10 Desember 2010 pukul 1:52 PM

    Bagus banget, thanks ya

    • 10 Desember 2010 pukul 3:24 PM

      Sama-sama.. terus kunjungi ya… Thanks juga

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: