Beranda > info math, other math > Banyaknya putaran yang telah dilakukan suatu roda sepeda motor

Banyaknya putaran yang telah dilakukan suatu roda sepeda motor

Bukan merupakan hal yang penting untuk mengetahui berapa banyaknya putaran yang telah dilakukan suatu roda sepeda motor. Tulisan ini hanya sekedar berbagi saja. Hanya menunjukkan kepada pembaca bahwa ada banyak sekali yang bisa dihubungkan dengan ilmu matematika. Termasuk hal sepele seperti ini. 🙄

Berapa banyaknya putaran yang telah dilakukan sebuah roda sepeda motor? 💡

 

Kita anggap jari-jari sebuah roda sepeda motor adalah 30 cm. keliling sebuah roda adalah sama dengan keliling lingkaran yaitu 2 \pi r. Yaitu sebesar 60 \pi.

Untuk menghitung banyaknya putaran yang telah dilakukan sebuah roda, maka harus diketahui jarak yang telah ditempuh roda tersebut. kemudian untuk menghitung banyaknya putaran sama halnya dengan menghitung jarak dibagi dengan keliling sebuah roda. Ambil jaraknya yaitu 100 km. yang setara dengan 10000000 cm.  Lakukan perhitungan diperoleh

 

\frac{10000000}{60 \pi}=53051,647 \dots

 

Hanya untuk jarak 100 kilometer saja roda sudah berputar sebanyak sekitar 53000 kali. Bagaimana untuk jarak yang lebih jauh. Coba perhatikan berapa jauh yang telah ditempuh oleh sepeda pembaca? 💡 Kemudian kalikan dengan 530. Hasilnya adalah jumlah putaran yang telah dilakukan oleh roda sepeda motor para pembaca.

 

Sungguh tak terduga bukan.

 

Setelah berapa kilometerkah pembaca biasanya mengganti ban sepeda motor. Tentunya ketika roda tersebut sudah mulai halus. Dengan menghitung seperti ini, maka pembaca juga akan tahu, setelah berapa putaran pembaca mengganti ban sepeda motornya.

Hehe. 🙄

Semoga bermanfaat

Kategori:info math, other math
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: