Beranda > bilangan, info math, unik math > 526315789473684210. Bilangan berdaya tahan di Ripley’s Believe It Or Not

526315789473684210. Bilangan berdaya tahan di Ripley’s Believe It Or Not

Bilangan unik yang pernah muncul di Ripley’s Believe It Or Not ini memang merupakan bilangan yang benar-benar unik. Jika dikalikan dengan sebarang angka, maka bilangan hasil perkaliannya adalah mempunyai digit-digit yang sama dengan bilangan semula. Hanya saja tempat digitnya digeser.

 

Misalnya saja jika bilangan tersebut dikalikan dengan 2. Maka hasilnya adalah

 

526315789473684210 \times 2=1052631578947368420

 

Perhatikan hasil dari perkalian tersebut. digit-digit pada hasil tersebut adalah sama dengan digit bilangan semula. Hanya saja tempatnya bergeser. Dan ada satu digit yang berpindah tempat.

 

Setelah beberapa jam saya mengotak-atik bilangan ini. ternyata ada keunikan-keunikan yang tersembunyi.

Pertama, Digit yang digunakan adalah digit 1 sampai 8 masing-masing sebanyak 2 buah. Dan digit 9 sebanyak satu buah dan digit 0 juga ada satu buah.

Selanjutnya, jika kita tambahkan angka nol di depan bilangan. Menjadi 0526315789473684210 jumlah digitnya adalah 19 (sebanyak bilangan prima yang ke 8). Yang hanya mempunyai satu digit hanyalah angka 9. Angka yang lain, masing-masing sebanyak 2 digit.

Yang unik lagi yaitu angka 9 terletak di tengah-tengah. Diapit oleh 9 digit di kirinya dan 9 digit di kanannya.

 

Kemudian bilangan itu kita pecah (bagi menjadi dua bagian). Menjadi seperti berikut

 

052631578 \qquad 9 \qquad 473684210

 

9 berada di antara kedua bilangan yang dipecah tersebut.

 

Memang kelihatannya tidak ada yang unik dari dua bilangan hasil pecahan tersebut. bilangan sebelah kiri, mempunyai digit 5 sebanyak 2 kali. dan bilangan yang kanan mempunyai bilangan 4 sebanyak 2 kali. Memang terjadi tidak keseimbangan. Tetapi, dibalik ketidakseimbangan ini ada suatu keunikan, yaitu

Kita perhatikan bilangan yang sebelah kiri. Jika setiap digit ke digit berikutnya mempunyai jarak, dan dari bilangan yang besar ke bilangan yang kecil kita tuliskan sebagai negatif dan bilangan yang berjalan dari kecil ke besar sebagai positif. Maka kita dapatkan

 

Jarak dari bilangan 0 ke bilangan 5 adalah 5, jarak antara bilangan 5 ke bilangan 2 kita tuliskan -3. Karena nilainya turun. Seterusnya didapatkan.

 

5 \quad -3 \quad 4 \quad -3 \quad -2 \quad 4 \quad 2 \quad 1 \quad 1

 

Sengaja hanya berhenti di angka 9. Dan ternyata bilangan kedua (dengan dimulai angka 9) mempunyai jarak yang sebaliknya dari bilangan pertama. Yaitu

 

-5 \quad 3 \quad -4 \quad 3 \quad 2 \quad -4 \quad -2 \quad -1 \quad -1

 

Langkah ini bisa digunakan untuk menghafal bilangan yang sangat banyak tersebut.

Semoga bermanfaat

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: