Beranda > kesalahan > Aneh-aneh saja. 0/0 = 2

Aneh-aneh saja. 0/0 = 2

Suatu kebohongan besar yang pernah saya dapatkan. Dan dengan mudahnya saya mempercayainya. Tetapi setelah mendapatkan ajaran dan ilmu dari teman saya, saya menyadari bahwa ternyata hal tersebut adalah salah. mengenai \frac{0}{0} yang sama dengan 2.

 

Ketika belajar aljabar dan sampai pada bentuk faktorisasi. 🙄 Diberikan bahwa x^2-1=(x-1)(x+1) Tentu ini merupakan hal yang benar,. tetapi selanjutnya saya disuruh untuk merubah bentuk tersebut menjadi

 

\frac{x^2-1}{x-1}=x+1

 

Dan selanjutnya saya disuruh untuk memasukkan x=1 Dan didapatkan

 

\frac{1-1}{1-1}=1+1

\frac{0}{0}=2

 

Memang, pertama kali belajar aljabar akan terlihat cukup aneh,. tetapi setelah mendapat penjelasan, ternyata ada hal yang dilarang pada saat kita memasukkan x=1. Memang, bentuk \frac{x^2-1}{x-1}=x+1 adalah bentuk yang benar. tetapi di sini harus diberi syarat yaitu x tidak boleh sama dengan 1. Karena akan menyebabkan pembagian dengan nol yang di dalam matematika adalah tidak diperbolehkan. ❗

 

Sehingga bentuk     \frac{x^2-1}{x-1}=x+1    tidak berlaku untuk   x=1

 

Jadi, dengan jelas bahwa hal tersebut merupakan hal yang salah. yaitu, tidak benar bahwa

 

\frac{0}{0}=2

 

Semoga bermanfaat.

Kategori:kesalahan
  1. belajar matematika
    1 September 2012 pukul 9:11 PM

    ada yang lebih parah lagi, setelah kebablasan menerjemahkan kitab suci didapat 0/0=1. ini saya temukan di haniifa.wordpress.com/2008/03/18/45/

    • 1 September 2012 pukul 11:45 PM

      thanks atas infonya.. sudah berkomentar di sana? saya baru saja.. hehe

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

