Beranda > unik math > 3 grafik unik versi asimtot

3 grafik unik versi asimtot

  

Grafik berbentuk orang, r= \frac{sin \, (3t)}{cos \, (2t)}

Gambar grafiknya seperti berikut :

  

Meskipun tidak sempurna mirip manusia, tapi grafik ini sudah cukup mirip dengan manusia. Gambarnya mempunyai kepala, 2 tangan dan 2 kaki. Ini adalah gambar grafik yang ada di dalam koordinat polar. Melibatkan fungsi sinus dan kosinus. Umumnya, grafik di koordinat polar memang melibatkan fungsi-fungsi trigonometri.

Ini kami masukkan ke grafik unik. Karena bentuknya yang menyerupai manusia. Mempunyai 2 tangan dan 2 kaki dan juga mempunyai kepala. Mungkin di SMP, SMA belum diajarkan mengenai koordinat polar. Tetapi kalian bisa mempelajarinya sendiri. Banyak di dalamnya grafik-grafik yang tidak terduga. Seperti grafik yang berbentuk mawar, berbentuk jantung, dan lain-lain.

Grafik manusia ini kami temukan ketika kami mengerjakan tugas matematika dasar mengenai koordinat polar. Tak sengaja kami mengetikkan suatu persamaan kutub dan ternyata gambarnya muncul seperti gambar tersebut.

Unik bukan!

  

Grafik berbentuk hati, (y- \sqrt{|x|})^2+x^2=1

Gambar grafik ini seperti berikut ini :

  

Grafik ini unik. Bentuknya seperti hati. Unik bukan. Grafik ini bisa digunakan untuk berbagai macam. Khususnya yang lagi masa-masa remaja dan menyukai matematika. Bisa untuk mengungkapkan cinta… Hehehehehe…

Grafik ini melibatkan akar pangkat dua dari nilai mutlaknya.

Simetri terhadap sumbu y. Kalian juga bisa menggeser-menggesernya dengan melakukan penggeseran pada setiap variable x dan y.

  

Grafik trigonometri yang lurus, y= \frac{sin(x) + sin(x+a)}{cos(x) - cos(x+a)}

Gambar grafik ini seperti berikut ini :

  

Ini bisa dibuktikan dengan mencari turunan pertamanya. Nantinya turunan pertamanya akan sama dengan nol untuk setiap x. setelah dilakukan proses turunan, pembilangnya nanti akan diperoleh 1-1. Yang nilainya 0.

Dan karena penyebutnya sudah dibatasi sehingga penyebut tidak sama dengan 0, maka menurut sifat pembagian. \frac{0}{a}=0 untuk sebarang a kecuali 0. sehingga diperoleh turunan pertamanya sama dengan 0 di setiap x. jadi gambarnya nanti akan berupa garis lurus. Persamaan ini juga bisa dikembangkan menjadi y= \frac{sin(x) + sin(x+a)}{cos(x) - cos(x+a)}   dengan a tidak 0, \pi, 2 \pi, \dots

Adanya persamaan ini kita sekarang menjadi tahu mengenai gambar grafik trigonometri yang lurus. Dugaan kita selama ini mungkin gambar grafik trigonometri akan selalu bergelombang. Tetapi ternyata ada grafik trigonometri yang jika digambarkan merupakan garis lurus.

Unik bukan.

  

Tulisan Terbaru :

  

Kategori:unik math
  1. 1 Juli 2013 pukul 11:25 AM

    ini nyobanya pake geogebra bukan?

  2. 16 Maret 2012 pukul 10:41 AM

    Unik unik, nih ada tambahan lagi

    sqrt(cos(x))*cos(300x) sqrt(abs(x))-0.7)*(4-x*x)^0.01, sqrt(6-x^2), -sqrt(6-x^2) from -4.5 to 4.5

    Coba ya ☺

  1. 25 November 2015 pukul 2:34 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: