Beranda > unik math > Sama dengan selisih dua bilangan di atasnya

Sama dengan selisih dua bilangan di atasnya

 

Sudah mengenal tentang bilangan segitiga? Sudah mengenal apa itu bilangan segitiga? Tentu beberapa pembaca sudah mengenalnya dan beberapa pembaca belum mengenalnya. Bagi yang belum mengenal, bisa dibaca sekilas berikut ini.

Beberapa bilangan segitiga yang pertama adalah 1, 3, 6, 10, 15, …

Berasal dari mana bilangan segitiga itu? Dari mana munculnya bilangan segitiga? Suatu titik yang dibentuk menjadi segitiga. Banyaknya titik-titik yang dibutuhkan itulah yang nantinya disebut sebagai bilangan segitiga. Banyaknya titik pada segiga pada gambar adalah 3. Sehingga setiap sisinya mempunyai dua titik. Untuk selanjutnya ada 6 titik untuk membentuk suatu segitiga (segitiga sama sisi).

 

Untuk lebih jelas mengenai titik-titik yang membentuk suatu segitiga, coba perhatikan gambar berikut :

 

 

Setelah 6, yaitu 10. Kemudian 15, 21, dan seterusnya.

Beda barisan ini unik. Barisan 1, 3, 6, 10, 15, … mempunyai beda yang berjalan dari 2, 3, 4, 5, 6, …

Kali ini yang dibahas bukan bilangan segitiga itu. Melainkan sesuatu yang unik yang tertera pada judul di atas. Sama dengan selisih dua bilangan di atasnya. Perhatikan gambar! Maksudnya, jika ligkaran-lingkaran penyusun segitiga itu diberikan nomor dari 1 sampai banyaknya bilangan segitiga pada saat itu, maka dengan peletakan yang diatur bisa dibuat hal yang unik seperti itu, yaitu bilangan yang ada di bawah dua lingkaran sama dengan selisih dua bilangan di atasnya.

 

Ada dua macam bentuk pada bilangan segitiga kedua. Tentu bilangan segitiga kedua adalah 3.

Coba perhatikan untuk bilangan segitiga selanjutnya, yaitu bilangan segitiga 6, seperti gambar berikut :

 

 

Bilangan segitiga itu adalah 6. Jika angka 1 sampai 6 dimasukkan ke dalam lingkaran-lingkaran tersebut sedemikian sehingga bisa membentuk seperti itu, yaitu bilangan di dalam lingkaran itu sama dengan selisih dari bilangan di dua lingkaran di atasnya.

Coba perhatikan yang warna biru, selisih 2 dan 6 adalah 4. Selisih 6 dan 5 adalah 1. Selisih 4 dan 1 adalah 3. Begitu juga untuk yang sebelahnya.

 

Bilangan segitiga yang selanjutnya adalah 10. Tentu kita akan membuat lingkaran 10 buah yang membentuk segitiga. Kemudian mengisikan angka dari 1 sampai 10 ke dalam lingkaran kecil itu sehingga bilangan yang ada di dalam lingkaran kecil sama dengan selisih dua bilangan yang ada di dalam lingkaran di atasnya. Seperti berikut :

 

 

Coba kita check. Selisih 8 dan 3 adalah 5. Selisih 3 dan 10 adalah 7. Selisih 10 dan 9 adalah 1. Selisih 5 dan 7 adalah 2. Selisih 7 dan 1 adalah 6. Selisih 2 dan 6 adalah 4. Ternyata benar. Dan angka yang digunakan pun dari 1 sampai 10.

Unik bukan.

 

Selanjutnya bilangan segitiga yang berikutnya, yaitu bilangan segitiga yang ke-5. Bilangan segitiga itu adalah 15. Seperti berikut :

 

 

Silahkan dicheck apakah jumlahnya sudah benar atau salah. silahkan dihitung sendiri ya.

Bilangan segitga memang unik. Menyembunyikan banyak hal.

 

Untuk bilangan segitiga selanjutnya adalah 21. Tetapi sayangnya tidak ada susunan yang bisa membentuk seperti itu. Tidak ada peletakan dari angka 1 sampai 21 yang bisa memenuhi syarat seperti sebelum-sebelumnya.

Meskipun demikian, beberapa bilangan segitiga ini saja cukup mewakili kita untuk lbih memperhatikan bilangan segitiga. Hehehe.

Salam.

 

Tulisan Terbaru :


 

 

 

Kategori:unik math
  1. 18 April 2011 pukul 10:01 PM

    skrng bagaimana kita tahu letak angka2 tersebut…?

    • 24 April 2011 pukul 8:59 PM

      itu kan hasil dari trial… bisa ditukar-tukar posisinya… terus, ada juga bentuk yang lainnya

  1. 13 Maret 2011 pukul 12:39 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: