Beranda > unik math > Bentuk-bentuk menarik dari pola desimal

Bentuk-bentuk menarik dari pola desimal


Suatu hal yang merupakan kelebihan dari matematika adalah tidak adanya dampak yang begitu merugikan dengan suatu teknik coba-cobanya. Bandingkan dengan biologi, kimia, fisika, teknik coba-cobanya tidak semudah di matematika. Fisika, coba-coba di fisika perlu biaya besar, coba-coba di kimia juga ditakutkan berbahaya, coba-coba di biologi membutuhkan waktu lama. Di matematika. Coba-coba adalah hal yang sangat menyenangkan, mudah, murah, dan tidak ada dampak berbahaya.

Asimtot coba-coba apa sih?

Asimtot otak-atik. Hasilnya seperti ini :

  


Iseng-iseng aja ingin membuat batik angka. Batik Angka by Asimtot



Itu dari angka 5 dan yang satunya adalah 17.

Dua gambar di atas sama sekali tidak ada hubungannya dengan judul postingan. Judul postingan itu untuk gambar berikut ini : .


 

  

 

 

 

Membentuk suatu pola berulang. Karena mereka sebenarnya adalah plot-plot dari angka-angka pada bilangan desimal. Secara berurutan adalah 1/73 , 1/81 , 1/91 , 1/31

Cara membacanya, misalnya untuk yang kedua, yaitu 1/81 , yaitu sama dengan 0,0123456…

(baca dari kiri ke kanan)

Yang menarik adalah miliknya 1/31, perhatikan gambar berikut setelah diedit :

  

 

Jika beberapa titiknya dihubungkan, membentuk suatu gambar hati. Banyak juga yang lain yang bentuknya juga mirip dengan 1/31.

Gambar pola berulang seperti ini bisa dimanfaatkan sebagai motif batik. Bagi beberapa yang punya modal atau punya usaha batik, bisa mencobanya. Batik matematika. Menyembunyikan suatu makna yaitu bilangan desimal. Dari 1/n. Sering disebut sebagai resiprokal.

Bukan hanya 1/n, tetapi juga bisa digunakan 2/n, 3/n, dst.. .

Bisa juga digunakan motif gabungan. . Silahkan saja dikembangkan.. .


Pola Desimal Berikutnya

Adalah pola yang cukup unik. Pernah mendengar kata Crop Circle?

Pada tanggal 1 Juni 2008, di kaki Barbury Puri, ditemukan crop circle dengan bentuk seperti berikut :

  

 

Terlintas terlihat seperti crop circle biasa saja. Tetapi dia sangat berhubungan dengan matematika. Inilah crop circle matematika. Apa hubungannya?

Ingin baca lebih lengkap, masuk ke sumber : http://www.cropcirclesandmore.com/geometries/201102bms.html (berbahasa inggris)

Bentuk lingkaran tersebut dibagi menjadi 10 bagian, seperti gambar berikut :

  

 

Sekarang kita berjalan dari tengah, perhatikan banyaknya langkahnya (berapa bagian?)

Langkah pertama sepanjang 3, kemudian 1, kemudian 4, 1, 5, 9, 2, 6, 5, 4. Apa itu?

3141592654

Itu adalah 10 angka pertama dari Pi ( \pi)

Secara sederhana, anggap saja titik hitam kecil setelah tiga langkah itu adalah koma, dan titik 3 besar setelah langkah ke sepuluh adalah titik tiga (…), jadi ditulis secara lengkap, yaitu

3.141592654...


\pi . Pada sumber yang telah kami berikan di atas, titik 3 itu bukan hanya sekedar titik tiga (…). Tetapi mempunyai makna yang lebih dalam lagi. Silahkan baca di sumber.


Bagaimana kalau pola tersebut kita lanjutkan. Asimtot membuatkannya sampai 28 angka pertama dari \pi, seperti berikut :

 


3,141592653589793238462643383


Bisa juga diputar-putar sesuai keinginan. Mungkin kita ingin menemukan gambar yang menarik atau apa itu.. .



Silahkan berkreasi.. .

3,141592653589793238462643383


Pola desimal.. . Berulang dan tidak berulang.. Untuk pola berulang dan pada pola lingkaran akan terbentuk sesuatu yang manrik. Karena gambarnya juga akan membentuk pola. Untuk yang tidak berulang. Entahlah. Kami juga belum menemukan apa-apa.

Silahkan .. .

 

Tulisan Terbaru :

Iklan
Kategori:unik math
  1. 21 September 2012 pukul 8:15 PM

    keren batiknya ni mas 😀
    diproduksi aja sklian hehe

  2. 26 Januari 2012 pukul 10:57 AM

    mantab gan….batik 5nya seperti batik klasik, tinggal di variasi warna, single atau gradasi jadi cool

    • 26 Januari 2012 pukul 9:41 PM

      mantap gan.. nanti deh akan dibuat edisi batik,. . + warna tentunya..

  3. 10 Januari 2012 pukul 1:24 PM

    Itu bikin gambarnya pake apa yah? kok bisa bagus gitu, hehe….
    Bikin aja PKM tentang batik matematika, dulu kakak kelas+dosenku juga pernah bikin batik matematika, batik juliet namanya. Kalo gak salah dapat polanya pake mapple.

  4. 7 Januari 2012 pukul 6:27 PM

    salam kenal….

  5. kenthung
    5 Januari 2012 pukul 9:34 PM

    ane kuliah pendidikan matematika neh gan…blogx menarik…

    • 6 Januari 2012 pukul 5:25 PM

      salam.. . mari berbagi gan.. .

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: