Beranda > problem pengunjung, soal math > Soal dan Solusi #10

Soal dan Solusi #10

Diambil dari grup facebook soul-mate-matika, ketika dulu saya jadi adminnya bro. :p Kemudian saya buatkan arsipnya di blog soul-mate-matika yang saya buat juga. Sekarang saya posting ulang di blog ini supaya jadi satu kesatuan, yaitu asimtot, membahas masalah matematika.

 

Pertanyaan 25

Yunus Arifin
Ada berapakah banyaknya bilangan 3 digit (misal abc), dimana jika digit ketiga (c) dihapus maka bilangan tersebut (ab) menjadi faktor dari bilangan semula (abc) ? 

 

Jawaban 25

Ahmad M. Apriyanto
Oh ya tiap bilangan dr 10 sampe 99 dikali 10 aja?
‎10 fktor dr 100
11 fktor dr 110
.
.
.
99 fktor dr 990

gmana?

Ahmad M. Apriyanto  
90?

Yunus Arifin ‎
99-10 +1=90. Iyading. Wkwkw

 


 

 

Pertanyaan 26

Brilly Maxel Salindeho
Help dunkz.. Buktikan jika \mid x \mid \le 2 maka \mid \frac{x^2+2x+7}{x^2+1} \mid \le 15

 

Jawaban 26

Muhammad Sihabuddin
yg mau dbktikan kn itu py btas atas 15
klo pchn. . spya mndpt hsil yg besar itu maka pmblang hrus maks dan pnybut hrus min.
\mid x \mid \le 2
Spya pmblng bsar, kita plih x^2=4 dan x=2
Shg x^2+2x+7=15
Spy pnybut sngt kcil, mka mau tdk mau ya x^2=0,
Shg pnybut = 1

 

Rahman Setiawan
jika \mid x \mid \le 2 maka \mid \frac{x^2+2x+7}{x^2+1} \mid \le 15

p \to q
pembuktian:
x \in p \to x \in q
atau
x \in \sim q \to x \in \sim p

\mid x \mid \le 2 \iff -2 \lex \le 2

Shg x \in p \to x \in [-2,2]

\mid \frac{x^2+2x+7}{x^2+1} \mid \le 15

 
<=> -15<= (x”+2x+7)/(x”+1) <=15
<=> 2(8x”+x+11)/(x”+1)>=0 atau 2(-7x”+x-4)/(x”+1)<=0
<=> (8x”+x+11>0 dan x”+1>0) atau (-7x”+x-4<0 dan x”+1>0)
<=> (x€R dan x”>=0) atau (x€R dan x”>=0)
<=> x€R atau x€R
<=> x€R

 
x€q -> x€R

x€p => x€q -> x€[-2,2] => x€R.
Mungkin gitu kali y??

 


 

 

Pertanyaan 27

Putri Princezna
‎2 kelompok anak masing-masing 4 anak mempunnyai rata-rata 30 kg dan 33 kg. kalau seorang anak masing-masing kelompok ditukarkan, rata2 menjadi sama.tentukan selisih berat badan kedua anak yang ditukar tersebut.

 

Jawaban 27

Ali Khan Su’ud
msl yg di tukar adalah a dan b
(120+a-b) = (132+b-a)
2a-2b = 12
a-b = 6

Faisal Budiman
Ali Khan Su’ud dan Putri Princezna cuma mau menambahkan saja (120+a-b)/4 = (132+b-a)/4, isinya memang benar…takutnya saat jumlah kelompok masing-masing berbeda, jadi salah persepsi…Nuwun
2a-2b = 12
a-b = 6 ….:)

 

Tulisan Terbaru :

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: