Semangat Belajar

Berbagai alasan mengenai belajar matematika

Banyak yang mengeluhkan matematika itu sulit, matematika itu rumit, matematika itu paling ruwet, matematika itu gak enak, metamatika itu membosankan, matematika itu apa lah, dan sebagainya. “Matematika itu pelajaran yang sulit untuk dipelajari. Beda dengan pelajaran yang lainnya.” Beberapa orang bilang seperti itu. Beberapa lagi mengatakan, “Matematika itu enak. Jawabannya pasti. Tetapi memang membutuhkan ketelitian dan kesabaran”.

“Matematika itu menyenangkan”, “Matematika itu sebenarnya apa sih”.

Matematika itu sebenarnya apa sih?

 

Dalam kehidupan sehari-hari, siapa yang tak butuh matematika? Jual beli, dan sebagainya juga membutuhkan metametika. Matematika ada di kehidupan sehari-hari, tetapi kenapa masih banyak yang mengeluh mengenai pelajaran yang satu ini. Padahal, jika kita mengikuti aturannya, maka kita akan mudah menyelesaikan masalah matematika. Meskipun sebagian soal ada yang membutuhkan ide kreatif.

 

Matematika ini sangat besar manfaatnya, dimulai dari berpikir teratur, strategis, kreatif, ketelitian, kesabaran dan yang lainnya. Kita dilatih semuanya di sini. Kita pun akan bisa belajar yang lainnya dengan mudah. Dengan menggunakan metode-metode secara teratur.

 

MATEMATIKA

 

Kebanyakan siswa mungkin akan merasa malas belajar jika yang dipelajari itu membosankan, membingungkan atau yang lainnya. Mengerjakan satu soal, yang lainnya sudah pasrah. Jika terus menganggap matematika seperti itu, bagaimana mau bisa matematika.

Memang, diperlukan “rajin” untuk mempelajari matematika. Belajar dan terus belajar. Selain belajar yang diajarkan di sekolah, kita juga sebaiknya ber-refreshing, dengan matematika. Dengan memainkan suatu yang masih dalam taraf berfikir.

Mencari suatu hal unik mengenai matematika, dengan bertanya kepada diri sendiri mengenai sesuatu yang mungkin bagi kita menarik, seperti, kenapa ya 2 \times 2=2+2? Berapa ya angka selain itu? Apakah ada lagi? Ternyata ada. 0 \times 0=0+0. Apakah ada lagi? Bagaimana jika angkanya berbeda? Apakah ada?

Bertanya pada diri sendiri dan mencoba menjawabnya sendiri (jika bisa).

Bermain game yang mengasah otak. Bermain minesweeper di komputer, bermain SUDOKU juga bisa menjadi alternative lainnya.

Tahu tidak, “Satu jam bermain sudoku dapat membantu anda menurunkan berat badan”. Ini adalah pernyataan yang ada dan bukan hanya omong kosong. Melakukan kegiatan seperti menyelesaikan teka-teki silang yang sulit, atau bermain Sudoku, berarti otak anda memerlukan lebih banyak gula dan lebih banyak kalori.

 

Bermain permainan yang seperti ini sangat menantang kita, mengasah otak kita, dan lain sebagainya. Ini akan membuat matematika tidak membosankan. Sesuatu yang unik, seru, menantang.

 

Oleh karena itu, kami mendirikan blog ini. Dengan tujuan mengajak semuanya untuk lebih dan lebih di dalam kebaikan. Dan ingin mengajak kalian semua untuk lebih bersemangat.

 

Mari saling berbagi.

 

Salam asimtot.

  1. dera
    25 Mei 2011 pukul 12:06 AM

    semangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaatt =p

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: